Apa Urin Anda Sehat?

Apa Urin Anda Sehat?

Tahukah Anda bahwa setiap kali Anda buang air kecil, urin Anda memberikan petunjuk penting tentang kesehatan Anda secara keseluruhan? “Warna urin paling sehat adalah jernih,” kata Jamison Jaffe, DO, ahli urologi dari St. Mary Medical Center di Langhorne, Pennsylvania, “Ini adalah tanda hidrasi yang baik.” Tetapi jika urin Anda berwarna selain bening atau kuning muda, itu bisa mengindikasikan masalah. Berikut adalah panduan untuk warna urin dan apa yang mungkin ingin disampaikan oleh urin Anda.

Mengapa kencing saya keruh?

Anda mungkin mengalami infeksi. Bakteri dari infeksi saluran kemih (ISK) dapat menyebabkan penampilan keruh, belum lagi sensasi terbakar yang menyakitkan saat Anda buang air kecil. Jika Anda berpikir Anda mungkin menderita ISK, temui dokter Anda, desak Jaffe. ISK “biasanya tidak akan hilang dengan sendirinya,” dia memperingatkan. Dan sementara perawatan yang dijual bebas dapat membantu gejalanya, mereka tidak mengobati infeksinya. “Siapa pun dengan infeksi saluran kemih harus berkonsultasi dengan dokter,” kata Jaffe.

Mengapa kencing saya berwarna oranye atau coklat keruh?

Anda harus mulai minum lebih banyak air. Saat Anda mengalami dehidrasi, ginjal Anda menahan air sebanyak mungkin, yang berarti warna urin akan lebih gelap dan lebih pekat, kata Dr. Jaffe. Urin mungkin memiliki bau yang lebih kuat juga. Penyakit hati atau ISK dapat menyebabkan perubahan warna yang serupa, jadi bicarakan dengan dokter Anda jika masalahnya tidak teratasi.

Mengapa kencing saya berwarna hijau atau biru?

Pikirkan kembali apa yang Anda makan. Warna yang aneh mungkin disebabkan oleh pewarna tertentu dalam makanan Anda. Jika makan malam tidak bisa disalahkan, periksa obat-obatan Anda, kata Jaffe. “Warna pil sebenarnya bisa diekskresikan ke dalam urin,” jelasnya. Jika urin Anda berwarna biru atau hijau, baca label peringatan pada botol resep Anda untuk melihat apakah perubahan warna urin merupakan efek samping yang diketahui. Jika tidak, hubungi dokter Anda.

Mengapa kencing saya berwarna merah muda atau kemerahan?

Buat janji dengan dokter sekarang. “Urine merah adalah yang paling mengkhawatirkan,” kata Jaffe. Sementara rona merah muda kadang-kadang dapat dijelaskan dengan olahraga berat, efek samping dari obat-obatan, ISK, batu ginjal atau bahkan bantuan bit yang sehat untuk makan malam itu mungkin berarti sesuatu yang lebih serius. “Sungguh, kadar darah dalam urin harus diperiksa,” kata Jaffe. “Hal paling signifikan yang dapat ditunjukkan oleh urin merah adalah kanker urologi.”

Related Posts

Avatar photo

© 2024 Canadian Life - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress