Bagaimana Memulai Bisnis Tanpa Uang?

Bagaimana Memulai Bisnis Tanpa Uang?

Bagi calon wirausahawan, memiliki bisnis adalah impian. Namun, itu tetap menjadi mimpi bagi banyak orang karena realitas pendanaan. Butuh uang untuk memulai bisnis. Jika Anda sudah menjadi pemilik usaha kecil dan ingin berkembang, Anda mungkin terhambat oleh kekhawatiran yang sama: Anda tidak memiliki dana untuk membawa perusahaan Anda ke tingkat berikutnya. Kabar baiknya adalah Anda dapat memulai atau mengembangkan bisnis secara gratis, atau hampir mendekatinya, jika Anda memiliki pemikiran strategis dan memanfaatkan industri dan sumber daya yang tepat di luar sana.

Bagaimana memulai bisnis tanpa uang

Memulai bisnis dengan sumber daya terbatas mirip dengan memulai perusahaan lain. Anda mungkin perlu mengikuti langkah-langkah standar yang sama untuk menjadi pengusaha sukses yang dapat mencakup, tetapi tidak terbatas pada:

  1. Melakukan riset pasar untuk menentukan produk yang layak minimum.
  2. Melakukan analisis persaingan.
  3. Memilih nama bisnis.
  4. Menulis rencana bisnis.
  5. Mengikuti persyaratan hukum yang berlaku.
  6. Memilih vendor Anda.
  7. Memasarkan bisnis Anda.

Anda juga ingin membangun situs web bisnis dan/atau kehadiran media sosial untuk menjangkau audiens target Anda dengan lebih baik (misalnya, Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, YouTube, dll.), terutama jika Anda memulai bisnis online.

Bisnis yang bisa Anda mulai dengan sedikit atau tanpa uang

Banyak bisnis dengan biaya overhead rendah dapat dimulai dengan sedikit uang dan kemudian ditingkatkan. Ada pemilik bisnis yang memulai dari kecil, bekerja di luar rumah atau online, dan kemudian berkembang dan harus mempekerjakan lebih banyak pekerja dan mencari lokasi yang lebih besar. Jika Anda ingin memulai dengan biaya lebih murah, berikut adalah beberapa bisnis yang relatif mudah untuk dimulai dengan modal kecil:

Freelance

Setiap bisnis freelance datang dengan biaya overhead yang rendah. Baik itu menulis lepas, desain grafis, pengembangan web, atau pengkodean perangkat lunak, keahlian Anda dapat membantu Anda memulai bisnis Anda sendiri. Yang Anda butuhkan hanyalah apa yang mungkin sudah Anda miliki komputer dan akses ke internet. Seiring waktu, bangun klien Anda dan pekerjakan orang lain untuk melakukan beberapa pekerjaan. Sangat mudah untuk meningkatkan bisnis freelance dengan menyertakan sejumlah pekerja.

Konsultan

Jika Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat dimanfaatkan orang lain, jadilah konsultan. Ada perusahaan konsultan menengah yang dimulai dengan satu orang. Saat ini, konsultan teknologi sangat dibutuhkan. Jika Anda memiliki keterampilan, Anda dapat mengajarkannya sebagai konsultasi dan menemukan bisnis Anda berdasarkan apa yang Anda ketahui.

Penjual kerajinan tangan

Jika Anda memiliki sisi berseni atau licik, Anda dapat menggunakannya untuk memulai bisnis. Ubah hobi kerajinan Anda menjadi bisnis dengan membuat barang untuk dijual. Jika Anda seorang seniman, Anda bisa menciptakan kecantikan yang orang lain mau bayar. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, pekerjakan orang lain yang berbakat atau temukan cara lain untuk menghasilkan apa yang Anda butuhkan.

Asisten virtual

Bantu orang lain dengan berbagai tugas, mulai dari menyortir email hingga meningkatkan kehadiran media sosial secara online. Anda dapat terlibat dengan penjadwalan dan tugas lain yang memungkinkan orang lain mengelola bisnis mereka sendiri dengan lebih baik. Saat Anda mendapatkan lebih banyak klien, Anda dapat menyewa asisten tambahan dan bahkan mendapatkan asisten Anda sendiri untuk membantu Anda.

Semua bisnis ini memiliki potensi untuk berkembang pesat. Pada akhirnya, Anda harus memasukkan uang kembali ke dalam bisnis atau itu tidak akan berhasil, tetapi Anda dapat dengan cepat tumbuh, dengan overhead awal yang rendah memberi Anda tabungan yang Anda butuhkan untuk menginvestasikan modal ketika saatnya untuk berkembang.

Menemukan pendanaan untuk bisnis Anda

Meskipun memulai bisnis Anda mungkin memerlukan sedikit atau tanpa uang, ada kemungkinan besar Anda harus membayar sesuatu di sepanjang jalan terutama jika Anda sedang berkembang. Ada beberapa sumber daya yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu mendanai bisnis Anda.

  • Hibah bisnis. Hibah bisnis pada dasarnya adalah “uang gratis” yang diberikan untuk membantu mendanai bisnis. Namun, mereka sering datang dengan persyaratan dan ketentuan. Hibah bisnis bersifat kompetitif dan mungkin sulit untuk dimenangkan, jadi sebaiknya Anda hanya mengajukan hibah yang secara langsung memenuhi syarat untuk Anda (misalnya, hibah bisnis untuk wanita, hibah bisnis untuk minoritas, dll.)
  • Pinjaman bisnis. Pinjaman bisnis adalah jenis pembiayaan yang ditawarkan oleh bank atau pemberi pinjaman alternatif. Pinjaman bisnis lebih mudah diperoleh daripada hibah bisnis, tetapi sering kali datang dengan tingkat bunga, biaya, dan persyaratan pembayaran yang besar, jadi lakukan riset sebelum memilih pinjaman usaha kecil. Untuk mendapatkan persetujuan pinjaman, pemberi pinjaman umumnya akan mempertimbangkan riwayat kredit Anda, tahun dalam bisnis, pendapatan tahunan dan kemampuan untuk melakukan pembayaran.
  • Teman dan keluarga. Jika Anda mengenal seseorang dengan modal yang cukup untuk membantu mendanai usaha Anda, berikan mereka proposal bisnis untuk membantu membiayai startup Anda. Ingatlah bahwa berbisnis dengan keluarga atau teman bisa menjadi berantakan, jadi pastikan untuk menetapkan batasan yang jelas tentang ekspektasi.
  • Penggalangan dana. Jika Anda merasa tidak nyaman meminta orang tertentu untuk membantu membiayai bisnis Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengumpulkan uang melalui crowdfunding (mengumpulkan uang dari banyak donor). Ada empat jenis crowdfunding: donasi, utang, penghargaan, dan ekuitas.
  • Saat bisnis Anda mulai menghasilkan uang, Anda dapat mengumpulkan uang sebanyak mungkin. Pada akhirnya, Anda diharapkan memiliki cukup tabungan untuk mengembangkan bisnis Anda yang sukses.

Sumber daya untuk mengembangkan bisnis Anda dengan biaya rendah

Jika Anda berharap untuk mengembangkan bisnis Anda dengan biaya rendah, itu dimungkinkan dengan teknologi terbaru. Ada beberapa cara Anda dapat memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan nilai bagus untuk bisnis Anda tanpa merusak bank.

Tutorial pemasaran gratis

Jika bisnis Anda hadir secara online, Quick Sprout dari Neil Patel adalah sumber informasi yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Dia juga membuat panduan yang menyoroti beberapa pakar lain dalam pemasaran online yang dibuat sederhana.

Crowdsourcing

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda adalah dengan bantuan crowdsourcing. Ada sejumlah sumber daya yang memungkinkan Anda mengakses pekerja dengan biaya rendah. Anda bisa mendapatkan bantuan dengan pembuatan konten melalui situs seperti Upwork. Jika Anda mencari pekerjaan berkualitas lebih tinggi yang mungkin lebih teratur, situs seperti Skyword dan Contently dapat menghubungkan Anda dengan pembuat konten yang dapat membebaskan Anda untuk fokus pada aspek lain dari bisnis Anda.

Crowdsourcing bekerja dengan baik dengan cara lain juga. Jika Anda ingin mendesain ulang situs web Anda, beralih ke sumber daya seperti 99Designs dapat memungkinkan Anda mengakses ide dan orang-orang yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan biaya rendah. Fiverr adalah sumber hebat lainnya, baik Anda mencari audio, video, konten, atau bantuan media sosial. Anda bisa mendapatkan bantuan dengan pemasaran dan tugas-tugas lain dengan melakukan outsourcing ke sumber daya berbiaya rendah ini.

Jangan meremehkan manfaat dari outsourcing tugas-tugas duniawi yang menghabiskan banyak waktu Anda. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda tanpa menghabiskan banyak uang, Anda dapat menemukan asisten virtual di seluruh dunia dengan keterampilan yang baik dan kemauan untuk bekerja. Anda juga dapat mengalihdayakan tugas seperti akuntansi, menggunakan sumber daya seperti Gusto dan Due.com agar tetap teratur dengan faktur dan penggajian Anda.

Opsi pembayaran berbiaya rendah

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda dan menerima berbagai opsi pembayaran, Anda dapat menggunakan perangkat seperti Square dan PayAnywhere untuk menerima pembayaran kartu kredit. Dengan biaya rendah, Anda dapat mengubah ponsel cerdas atau tablet Anda menjadi perangkat point-of-sale. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda tanpa membeli banyak peralatan mahal, terutama jika bisnis Anda memiliki aspek seluler. Jenis alat ini bekerja sangat baik untuk bisnis jasa seperti salon, spa dan terapis pijat, tetapi mereka dapat disesuaikan untuk hampir semua jenis bisnis.

Konferensi video

Terakhir, jangan abaikan sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda tetap terhubung dan memperluas bisnis Anda ke seluruh dunia. Zoom memungkinkan Anda melakukan panggilan murah ke seluruh dunia, menghemat uang saat Anda mencari klien dan pelanggan baru. Layanan seperti GoToMeeting dapat memudahkan untuk mengadakan konferensi video dan pelatihan dengan orang-orang di kantor jarak jauh, sehingga menghemat biaya perjalanan untuk bisnis Anda. Lebih mudah untuk fokus pada ekspansi ketika Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk bepergian keliling dunia.

Teknologi memberikan banyak peluang bagi Anda untuk memulai bisnis baru atau memperluas bisnis Anda saat ini tanpa pengeluaran yang besar. Meskipun Anda harus selalu mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang, jumlah yang Anda butuhkan lebih kecil, dan pengembaliannya bisa lebih besar dari yang Anda harapkan.

Related Posts

Avatar photo

© 2024 Canadian Life - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress