Benarkah Pandemi Bisa Membuat Rambut Jadi Cepat Beruban?

Benarkah Pandemi Bisa Membuat Rambut Jadi Cepat Beruban?

Seiring bertambahnya usia, memiliki rambut beruban hampir tidak mungkin terelakkan bagi kebanyakan orang. Namun, ada sejumlah faktor lain yang dapat menyebabkan rambut Anda berwarna putih sebelum waktunya, salah satunya adalah pandemi. Benarkah?

Meskipun tidak ada studi resmi yang dapat memberikan jawaban yang pasti, tetapi ternyata kemungkinannya memang demikian. “Sejak pandemi, banyak yang mengalami banyak stres yang dapat berkontribusi pada munculnya lebih banyak uban. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, stres dapat berkontribusi pada rambut beruban karena menyebabkan kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel penghasil pigmen, yang menyebabkan lebih sedikit melanin yang diproduksi,” jelas dokter kulit Dr. Marisa Garshick.

Selain karena stres, Dr. Marisa bilang pandemi juga membuat orang-orang memiliki lebih banyak waktu untuk memperhatikan diri mereka sendiri karena “dipaksa” untuk melihat diri di Zoom atau cermin. Berkurangnya kunjungan ke salon untuk merawat diri, termasuk rambut, juga bisa menjadi penyebabnya.

Lalu, adakah cara untuk menghindari rambur beruban di masa pandemi ini? Jawaban adalah tidak, setidaknya untuk saat ini. Namun, makan banyak buah dan sayuran kaya vitamin dan menghindari stres mungkin membantu. “Vitamin atau suplemen tertentu dapat menunda uban dini, tetapi tidak ada ilmu pengetahuan yang baik untuk mendukungnya. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mencoba mengurangi stres sebanyak mungkin, tidur yang cukup dan makan makanan yang seimbang,” saran Dr. Blair Murphy-Rose, dokter kulit kosmetiik.

Jika Anda tidak menyukai uban yang muncul di rambut, dokter kulit kosmetik Dr. Robert Finney, meminta Anda untuk tidak mencabutnya. Dia menjelaskan, “Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada folikel, meningkatkan risiko folikel yang terinfeksi dan rambut yang tumbuh ke dalam. Pencabutan yang berlebihan menyebabkan jaringan parut dan kehilangan folikel secara permanen. ”

Satu-satunya jalan untuk menutupi rambut putih yang tidak Anda sukai adalah dengan mewarnai rambut sesuai dengan warna pilihan. Namun, misalkan Anda tiba-tiba saja jatuh cinta dengan rambut putih tersebut, maka pastikan Anda menyimpan produk pelembap karena rambut beruban cenderung menjadi lebih rentan terhadap kekeringan.

Related Posts

Avatar photo

© 2024 Canadian Life - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress