Bisakah Suntikan Flu Benar-Benar Menyelamatkan Hidup Anda?

Bisakah Suntikan Flu Benar-Benar Menyelamatkan Hidup Anda?Kita semua pernah mendengar saran untuk mendapatkan suntikan flu setiap musim gugur. Tetapi apakah itu benar-benar penting untuk dilakukan?

Flu bisa berbahaya bahkan mematikan. Hingga 4 Mei 2019, sebanyak 61.200 orang meninggal akibat flu atau komplikasi terkait flu selama musim flu 2018-2019, termasuk sedikitnya 106 anak-anak.

CDC juga melaporkan bahwa antara 531.000 dan 647.000 orang dirawat di rumah sakit karena virus musiman. Flu mendorong 17,3 hingga 20,1 juta orang lainnya untuk menemui dokter mereka untuk perawatan medis.

Meskipun musim flu yang biasanya dimulai pada Oktober dan berakhir pada Mei—tidak separah tahun 2018-2019 seperti tahun-tahun sebelumnya, ini adalah musim flu terpanjang dalam satu dekade, sebagian karena dua jenis virus flu muncul pada waktu yang berbeda. .

Pada awalnya, strain dominan yang beredar di seluruh Amerika Serikat adalah strain influenza A yang dikenal sebagai H1N1, tetapi strain influenza A yang lebih parah, H3N2, menyumbang lebih dari setengah kasus flu baru di akhir musim flu. CDC menunjukkan bahwa vaksin flu musiman 2018-2019 cocok untuk virus ini, menawarkan perlindungan 47 persen terhadap semua jenis yang beredar. Jadi, mereka yang menerima vaksin ini mungkin telah mengurangi kemungkinan mereka terkena kasus flu parah hingga hampir setengahnya.

Sebagai perbandingan, suntikan flu 2017-2018 hanya menawarkan efektivitas 25 persen terhadap H3N2 jenis flu yang dominan pada musim itu. Menurut CDC, 2017 adalah musim flu paling mematikan dalam lebih dari 40 tahun. Dari musim gugur 2017 hingga musim semi 2018, flu merenggut nyawa hampir 80.000 orang, termasuk 183 anak-anak. Tetapi ada kemungkinan bahwa hingga 600 anak benar-benar meninggal karena flu, karena kematian anak-anak sering tidak dilaporkan. Sementara itu, diperkirakan sekitar 960.000 orang Amerika dirawat di rumah sakit karena virus tersebut.

Apa itu vaksin flu?

Meskipun formulasi vaksin yang tepat berubah setiap tahun, fondasi dasar vaksin tetap konstan. Suntikan dibuat dengan virus flu yang telah dinonaktifkan, yang berarti tidak menular, atau—dalam kasus vaksin flu rekombinan—dibuat tanpa virus sama sekali. Ini berarti Anda tidak bisa terkena flu dari jenis suntikan apa pun.

Tergantung pada tahun, baik vaksin tiga komponen atau empat komponen tersedia.

Vaksin tiga komponen bertahan melawan tiga jenis virus flu: influenza A (H1N1), influenza A lainnya (H3N2) dan virus influenza B. Vaksin empat komponen melindungi terhadap virus yang sama ini, ditambah virus B tambahan. Dokter Anda akan merekomendasikan Anda mendapatkan vaksin tiga atau empat komponen tergantung pada usia Anda, kesehatan sistem kekebalan Anda, alergi dan faktor lainnya.

Selama beberapa tahun Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah merekomendasikan penggunaan vaksin flu semprot hidung, juga dikenal sebagai vaksin influenza hidup yang dilemahkan atau LAIV. Meskipun tidak ada dalam daftar vaksin yang direkomendasikan CDC untuk musim flu 2016-2017 dan 2017-2018, CDC memilih untuk menambahkan vaksin flu hidung kembali ke daftar vaksin yang direkomendasikan untuk orang dewasa untuk musim flu 2018-2019.

Dalam beberapa tahun, rekomendasi ini berbeda untuk anak-anak. Pada Mei 2018, American Academy of Pediatrics (AAP) mengumumkan bahwa mereka mengharapkan suntikan flu lebih efektif daripada semprotan hidung untuk musim 2018-2019, dan oleh karena itu sebagian besar anak-anak harus menerima suntikan.

Namun pada Maret 2019, rekomendasi AAP sedikit berubah. Menjelang musim flu 2019-2020, organisasi tersebut mengatakan tidak ada lagi satu vaksin flu yang disukai dan bahwa vaksin flu dan vaksin semprot hidung efektif untuk anak-anak berusia 6 bulan ke atas.

Untuk musim flu 2019-2020, FDA telah menetapkan bahwa suntikan flu akan mencakup dua jenis influenza A (H1N1 dan H3N2) dan satu atau dua jenis influenza B juga, tergantung pada vaksinnya. Anda dapat tetap up to date saat informasi lebih lanjut keluar di FDA.gov.

Untuk orang dewasa di atas usia 65 tahun, vaksin dosis tinggi mungkin direkomendasikan karena lebih kuat dan lebih efektif untuk orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Bagaimana cara memilih vaksin flu?

Virus flu terus berubah, jadi peneliti perlu mengevaluasi kembali jenis yang diperkirakan setiap tahun, CDC menjelaskan. Oleh karena itu, komponen yang tepat dari vaksin dapat berubah dari tahun ke tahun. Organisasi Kesehatan Dunia mengumpulkan dewan peneliti dari pusat kolaborasi mereka sendiri dan laboratorium utama lainnya termasuk CDC dan Francis Crick Institute untuk menentukan:

  • Virus apa yang membuat orang sakit?
  • Seberapa cepat virus menyebar
  • Efektivitas vaksin sebelumnya

Setelah informasi ini disajikan dan ditinjau biasanya pada bulan Februari setiap tahun FDA akan membuat keputusan vaksin resmi untuk AS. Setelah itu, perusahaan manufaktur akan mulai membuat vaksin, sebuah proses yang biasanya memakan waktu sekitar enam bulan. Dokter biasanya akan mengetahui kandungan vaksin pada bulan Agustus atau September dan biasanya dapat mulai memberikannya pada awal Oktober, kata Good.

Siapa yang butuh tembakan?

CDC merekomendasikan siapa pun yang berusia enam bulan atau lebih untuk mendapatkan vaksin flu. Dan bagi mereka yang memiliki peningkatan risiko komplikasi akibat flu—seperti mereka yang berusia di bawah lima tahun, mereka yang berusia di atas 65 tahun, wanita hamil atau mereka yang berada di panti jompo atau fasilitas perawatan lainnya—sangat penting untuk mematuhi rekomendasi vaksin flu.

Namun, ada beberapa pengecualian untuk rekomendasi tersebut: Mereka yang berusia di bawah 6 bulan, alergi terhadap vaksin flu atau alergi terhadap bahan vaksin flu seperti gelatin tidak boleh mendapatkan suntikan flu. Dan mereka yang pernah menderita Sindrom Guillain-Barré di masa lalu harus berbicara dengan dokter mereka terlebih dahulu.

“Sangat penting bagi wanita hamil untuk melindungi diri mereka sendiri,” kata Good, “karena jika mereka terkena flu saat hamil, risiko komplikasinya jauh lebih tinggi.” Begitu bayi lahir, Good menambahkan, sangat penting bagi seorang ibu untuk divaksinasi karena jika dia terkena flu, dia dapat menularkannya kepada bayinya.

Penting juga bagi mereka yang memiliki kondisi berikut untuk mendapatkan suntikan flu, karena tertular flu dapat memperburuk gejala atau menyebabkan komplikasi:

  • Asma atau penyakit paru-paru kronis
  • Kondisi neurologis
  • Penyakit jantung
  • Gangguan darah
  • Gangguan endokrin seperti diabetes
  • Gangguan ginjal atau hati
  • Gangguan metabolisme
  • Sistem kekebalan tubuh yang rusak
  • Obesitas ekstrim

Dan jika Anda alergi terhadap telur, kemungkinan Anda bisa mendapatkan suntikan flu yang direkomendasikan tahun ini tanpa perlu observasi apa pun setelahnya kecuali Anda mengalami efek samping lain selain gatal-gatal, seperti gangguan pernapasan. Banyak suntikan flu dan vaksin diproduksi menggunakan teknologi berbasis telur, jelas CDC, dan karena itu memiliki sedikit protein telur di dalamnya. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa reaksi parah yang terkait dengan alergi telur tidak mungkin terjadi.

Bicaralah dengan dokter Anda untuk mendiskusikan alergi Anda dan untuk menentukan opsi vaksin yang tepat untuk Anda. Beberapa pilihan bebas telur tersedia.

Waktu itu penting

Jadi, Anda tahu bahwa Anda memerlukan suntikan flu, tetapi beberapa pertanyaan tetap ada: Kapan Anda harus mendapatkannya? Dan apakah mendapatkan suntikan pada satu waktu dalam setahun lebih efektif daripada yang lain? Jawabannya rumit.

Itu selalu lebih baik untuk mendapatkan suntikan flu daripada tidak, terlepas dari kapan Anda mendapatkannya. Tetapi dalam skenario yang ideal, Anda akan mendapatkan suntikan sebelum flu mulai menyebar setiap tahun. Menurut CDC, itu pada bulan Oktober. Dan karena anak-anak usia 6 bulan sampai 8 tahun harus mendapatkan dua dosis empat minggu terpisah musim pertama mereka divaksinasi, itu bermanfaat untuk memulai proses vaksinasi mereka sedikit lebih awal.

Yang mengatakan, tergantung pada tahun, suntikan flu mungkin masih efektif bahkan jika Anda mendapatkannya pada bulan Januari atau lambat, jadi Anda tidak boleh berpikir sudah terlambat untuk mendapatkan suntikan. Mungkin masih layak, karena flu terus menyebar sepanjang musim dingin.

Jika Anda tidak yakin apakah akan mendapatkan suntikan flu berdasarkan profil kesehatan Anda atau tidak, tanyakan kepada dokter Anda. Ada beberapa hal yang pasti dalam hidup, tetapi mendapatkan suntikan flu setiap tahun cukup dekat dengan salah satunya. Itu mungkin hanya menyelamatkan hidup Anda dan mungkin juga nyawa orang lain.

Related Posts

Avatar photo

© 2024 Canadian Life - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress