Dari Penderitaan Diam Menjadi Pertolongan: Mendiagnosis Endometriosis

Dari Penderitaan Diam Menjadi Pertolongan: Mendiagnosis Endometriosis

Saat itu dalam sebulan dan Anda meringkuk dalam posisi janin, berurusan dengan kram yang tak tertahankan dan kembung yang menyakitkan yang membuat Anda ingin merangkak di bawah batu. Sebagian besar wanita yang Anda kenal tampaknya memiliki periode paling mudah dan Anda bertanya-tanya apakah itu hanya Anda. Hingga 10 persen wanita usia subur menderita endometriosis, suatu kondisi di mana jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di luar rahim sebagai lesi. Karena dibutuhkan rata-rata 8,6 tahun untuk didiagnosis, beberapa wanita akan hidup dalam penderitaan untuk waktu yang lama sebelum menemukan penyebabnya. Anda tidak perlu menderita selama bertahun-tahun tanpa jawaban karena bantuan dari endometriosis mengikuti diagnosis.

Semuanya dimulai dengan janji pertama di mana penyedia layanan kesehatan, biasanya dokter kandungan, akan mendapatkan riwayat kesehatan Anda, melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin mengambil darah untuk menyingkirkan kondisi lain. Ini bukan waktunya untuk diam, tetapi waktu untuk mendiskusikan gejala yang berhubungan dengan menstruasi dengan dokter kandungan Anda.

Bersiaplah untuk pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apa gejala Anda dan seberapa parahnya?
  • Apakah Anda mengalami hal-hal berikut sebelum, selama atau setelah menstruasi: nyeri panggul, ketidaknyamanan saat buang air besar atau buang air kecil, nyeri punggung bawah?
  • Apakah seks menyakitkan atau tidak nyaman bagi Anda?
  • Apakah Anda mengalami periode berat atau bercak di antara periode?
  • Kapan Anda mulai memperhatikan gejala-gejala ini dan apakah mereka memburuk seiring waktu?

Berikutnya adalah pemeriksaan panggul. Anda harus menanggalkan pakaian, mengenakan gaun pasien dan berbaring di meja pemeriksaan dengan kaki di sanggurdi. Posisi ini memungkinkan ginekolog untuk memeriksa dan meraba secara visual organ reproduksi Anda, yaitu vulva, vagina, leher rahim, rahim, saluran tuba, dan ovarium. Bagian dalam perut bagian bawah Anda akan diperiksa untuk kelainan seperti lesi, kista, pertumbuhan atau bekas luka. Meskipun sedikit tidak nyaman bagi sebagian orang, pemeriksaan panggul hanya berlangsung beberapa menit. Jadi, ambil napas dalam-dalam dan rileks.

Endometriosis dapat bersembunyi dengan baik, bahkan selama pemeriksaan panggul rutin. Tergantung pada temuan atau kebijaksanaan ginekolog Anda, teknik pencitraan diagnostik seperti USG, CT scan atau MRI dapat dipesan. Sementara teknik ini dapat membantu mengkonfirmasi temuan dari pemeriksaan panggul, mereka tidak dapat membedakan endometriosis dari kondisi lain.

Satu-satunya cara untuk mendiagnosis endometriosis secara definitif adalah dengan prosedur bedah kecil yang disebut laparoskopi. Laparoskopi biasanya dilakukan dengan anestesi umum, jadi Anda akan tertidur selama prosedur. Ginekolog akan memasukkan tabung tipis dengan kamera kecil dan lampu di ujungnya, yang disebut laparoskop, ke dalam perut Anda melalui sayatan kecil. Ini akan memungkinkan dia untuk memeriksa organ rongga panggul untuk menentukan lokasi, ukuran dan bentuk lesi endometriosis, kista atau bekas luka. Ginekolog dapat menghilangkan lesi atau mengambil sampel jaringan kecil, yang disebut biopsi, untuk diperiksa di bawah mikroskop.

Beberapa wanita menderita dalam diam, dengan asumsi endometriosis adalah realitas menyiksa dari periode normal mereka. Yang lain salah didiagnosis karena gejala terkait endometriosis cenderung meniru penyakit kandung kemih atau usus. Anda tidak perlu menunggu satu dekade penuh untuk mendapatkan jawaban dan kelegaan. Anda paling tahu tubuh Anda, jadi angkat bicara; dan jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang endometriosis, bicarakan dengan dokter kandungan Anda.

Related Posts

Avatar photo

© 2024 Canadian Life - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress