Hentikan Semua Kebiasaan Ini yang Bikin Kulit Berminyak Cepat Tua Meski Masih Muda!

Hentikan Semua Kebiasaan Ini yang Bikin Kulit Berminyak Cepat Tua Meski Masih Muda!

Memiliki jenis kulit berminyak itu merawatnya bikin dilema. Mau pakai pelembap, takut makin mengilap; tetapi kalau tidak pakai, waktu baru dibersihkan, kok, kulit terasa kering. Tidak heran jika akhirnya malah banyak orang dengan kulit berminyak yang nggak pakai pelembap. Itu baru salah satu kesalahan yang ternyata bikin kulit berminyak cepat tua, berikut ini beberapa kesalahan paling umum yang sering dilakukan pemilik kulit wajah berminyak dan solusinya!

1. Memakai Terlalu Banyak Produk Pembersih

Minyak berlebih di muka memang bikin kita jadi ‘gatal’ ingin terus-terusan cuci muka biar nggak mengilap. Namun, sebaiknya hal ini dihindari karena justru akan meningkatkan produksi minyak di kulit. Solusinya, pilih toner wajah bebas alkohol yang formulanya lembut dan tidak membuat kulit wajah kering. Untuk malam hari, gunakan micellar water dengan kandungan glycerin and hyaluronic acid di dalamnya.

2. Tidak Menggunakan Pelembap

Dibanding kulit kering, wajah dengan kulit berminyak memang terlihat jauh lebih lembap, tetapi ini bukan alasan untuk tidak memakai produk pelembap lagi. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), kuncinya adalah memilih pelembap yang sesuai untuk kulit berminyak, antara lain yang berlabel “oil free” dan “non-comedogenic.” Anda juga bisa memilih pelembap gel berbahan dasar air yang ringan di kulit.

3. Terus-Terusan Menyentuh Kulit Wajah

Pemilik kulit berminyak harus berhenti menyentuh wajah terus-terusan, nih. Menyentuh kulit wajah, terutama pada kulit sensitif, bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat karena bisa membuat bakteri dan kuman menempel pada kulit. Sentuh kulit wajah hanya pada saat membersihkannya atau dengan tangan bersih saja, ya.

4. Tidak Memakai Tabir Surya

Apapun jenis kulit Anda, memakai sunscreen atau tabir surya itu wajib agar kulit terlindung dari efek buruk sinar matahari yang akan bikin wajah kelihatan tua. Nah, untuk mencegah jerawat, pilih tabir surya berbahan dasar air (water based) yang mengandung zinc oksida dan titanium dioksida. Selain itu, hindari sun screen yang mengandung wewangian atau minyak, ya.

5. Memakai Produk yang Menyumbat Pori-Pori

Kesalahan merawat kulit lainnya yang sering dilakukan pemilik kulit berminyak adalah salah pilih produk, yaitu malah memakai produk skincare atau makeup yang mengandung bahan comedogenic atau menyumbat pori-pori. Akibatnya, minyak berlebih menumpuk bersama kotoran dan menjadi jerawat.

6. Terlalu Banyak Memakai Toner

Toner, terutama purifying toner atau clarifying toner bermanfaat menyegarkan kembali kulit berminyak. Meski demikian, memakainya terlalu banyak malah akan membuat kulit mendorong produksi minyak lebih banyak setelahnya. Gunakan sewajarnya setelah wajah dibersihkan, dan gunakan exfoliating toner 2-3 kali saja dalam seminggu, ya.

Related Posts

Avatar photo

© 2024 Canadian Life - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress