Meriksa Cahaya Mata di Dokter

Meriksa Cahaya Mata di Dokter

Pernahkah Anda mendengar tentang “sindrom jas putih?” Saat itulah tekanan darah seseorang sebagian besar normal di rumah, tetapi melonjak di kantor dokter, seringkali karena stres.

Dalam hal penglihatan, kebalikannya mungkin benar: Orang dewasa yang lebih tua mungkin melihat dengan baik selama pemeriksaan mata, tetapi jauh lebih buruk di rumah.

Para ahli di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis menguji penglihatan 175 orang berusia antara 55 dan 90 tahun, baik di rumah maupun di klinik mata sekolah. Sebagian besar orang telah didiagnosis menderita glaukoma, tetapi sisanya tidak memiliki masalah mata. Studi ini menemukan bahwa 30 persen subjek mampu membaca lebih banyak garis pada grafik mata di klinik daripada di rumah. Penglihatan dekat dan jauh lebih baik, serta sensitivitas kontras dan silau. Perbedaan terbesar terlihat pada orang dengan glaukoma. Hasilnya dipublikasikan secara online di jurnal JAMA Ophthalmology pada November 2013.

Para peneliti tidak terlalu lama mengetahui alasannya: Mereka menemukan 85 persen orang dewasa tidak menyalakan cukup lampu di rumah. Tingkat cahaya jauh di bawah tingkat yang direkomendasikan untuk mata yang menua, dan sekitar empat kali lebih gelap dari klinik, bahkan pada siang hari. Seorang pemimpin studi mengatakan hasil menunjukkan bahwa pencahayaan yang lebih kuat dapat membantu orang melihat lebih baik di rumah, yang berarti risiko jatuh yang lebih rendah dan kualitas hidup yang lebih baik untuk populasi orang dewasa yang terus bertambah.

Bagaimana menjaga penglihatan Anda tetap tajam

Struktur mata Anda berubah sebagai bagian normal dari penuaan, dan itu juga berarti perubahan pada penglihatan Anda. Tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga penglihatan Anda tetap tajam.

Nyalakan lampu. Tingkatkan jumlah pencahayaan umum atau sekitar di seluruh rumah Anda, dan gunakan lampu tugas untuk pekerjaan tertentu seperti membaca, menjahit, atau teka-teki gambar. Studi menunjukkan orang berusia 60 tahun membutuhkan tiga kali lebih banyak cahaya untuk dilihat seperti halnya orang berusia 20 tahun.

Dapatkan diuji. Temui spesialis mata tentang kacamata, bifokal atau lensa kontak, dan periksakan resep penglihatan Anda setiap 2 hingga 3 tahun.

Pergi belanja. Jika membaca adalah tantangan, coba gunakan e-reader. Sebuah penelitian menemukan orang dengan low vision membaca lebih cepat di perangkat digital. Tablet seperti iPad, Nook, atau Kindle memungkinkan Anda menyesuaikan ukuran font dan pengaturan cahaya sehingga bacaan Anda berikutnya bisa jernih.

Makan sayuran Anda. Diet kaya vitamin C dan mengandung karotenoid dapat melindungi lensa mata dan mengurangi risiko katarak. Itu berarti ya, nenek benar; wortel dapat membantu Anda melihat lebih baik. Tapi sayuran berdaun gelap bahkan lebih baik, jadi Popeye mengalahkan Bugs Bunny.

Related Posts

Avatar photo

© 2024 Canadian Life - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress